Sabtu, 08 Juni 2013

Liburan di Alam Terbuka

Sebentar lagi liburan  tiba, tentunya banyak rencana kita untuk mengisinya. Mungkin dirumah saja membantu orang tua atau pergi ketempat wisata, baik wisata didalam kota atau diluar kota, ada yang cuman satu hari sampai dengan yang berhari - hari.
Liburan apapun yang kita pilih apalah artinya kalau ketika kita liburan kita tidak merasa senang dan asyik. Jadi unsur gembira dan enjoy haruslah menjadi menu utama dalam melaksanakan liburan neh kawan....
Memang banyak tempat wisata yang bisa kunjungi, namun demikian kita harus tau dulu liburan apa yang kita senangi dan minati dan terutama kita enjoy.

Bagi teman - teman yang punya hobi dan kesenangan berkegiatan di alam terbuka, seperti naik gunung, camping, rafting,camping dan trakking. Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
Agar kesan dan cerita liburan kita menyenangkan biasanya ditentukan oleh faktor perencanaan perlengkapan dan perbekalan yang tepat.Dalam merencanakannya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu : pertama, mengenal jenis medan yang akan dilalui; gunung, hutan, sungai atau pantai.
Kedua, menentukan tujuan iburannya; berjalan - jalan, melintas, kemping atau penelitian kecil - kecilian.
Ketiga, lama waktu kita liburan.
Keempat, memperhatikan hal - hal khusus dalam kegiatannya; misalnya akan dibuat dokumentasi dan disertai tulisan atau membuat cerita serta laporan untuk sekolah, pribadi atau organisasi.

Dari tiap kegiatan yang kita pilih tadi, kita dapat mengelompokkan perlengkapan yang akan kita bawa, sebagai berikut, Pertama, perlengkapan dasar meliputi, perlengkapan selama dalam perjalanan; perlengkapan untuk masak, makan, minum; perlengkapan untuk tidur, MCK; perlengkapan pribadi dan lain - lain. Kedua, perlengkapan khusus yang disesuaikan dengan perjalanan kita seperti, perlengkapan dokumentasi dan penelitian; camera foto, alat tulis, buku petunjuk dan alat khusus lainnya.Ketiga, perlengkapan tambahan, perlengkapan ini sebenarnya dapat dibawa atau tidak, seprti kaca mata, novel dan lainnya.

Dalam penyusunan perbekalan adlah hal yang penting juga dan mendapat perhatian khusus karena menyangkut lamanya waktu kita melakukan perjalanan. Beberapa syarat yang harus diperhatikan dalam menyusun perbekalan kita. Pertama, cukup mengandung kalori dan gizi yang memadai, tidak asing untuk lidah kita. Kedua, terlindungi dari kerusakan, tahan lama dan sederhana serta mudah dalam pengolahannya. Ketiga, makanan siap saji (instan) tidak perlu waktu lama dalam pengolahan, irit air dan bahan bakar. Keempat, ringan dan mudah didapat. Lima, murah.

Setelah semua siap dan terpacking tunggu apalagi neh? let's go ayo kita berpetualang......



Tidak ada komentar:

Posting Komentar